Macam-Macam Kain Satin dan Karakteristiknya

Jenis kain sangatlah banyak sekali. Tentunya setiapjenis memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada kain katun, jersey, sifon, satin dan masih banyak lainnya. Kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang satin. Kain yang karakteristiknya agak mengkilap ini sering digunakan untuk membuat dress. Karena terlihat lebih mewah. Asalkan anda tahu jenisnya pun banyak sekali. Ada yang harganya murah dan mahal.Oleh karena itu kita akan membahasnya secara lengkap dibawah ini.

Macam-Macam Kain Satin

Fungsi satin sendiri sudah semakin banyak. Tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar baju saja. Tetapi juga untuk jilbab, kain aksesoris rumah, tas dan masih banyak lainnya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, tentunya anda harus paham jenis apa saja yang ada dipasaran. Jenis ini juga yang membedakan harganya.

Jenis Satin Bridal (Duchesse)

Kain satin bridalterlihat begitu mewah, dengan kilauan yang memukau. Seperti namanya, jenis ini sering digunakan untuk bahan gaun pengantin. Karena terlihat mewah. Dibandingkan dengan yang lainnya, jenis ini memang paling bagus. Harganya pun cukup mahal. Sekitar Rp 50.000 sampai Rp 150.000, tergantung kehalusannya. Karakteristiknya agak kaku, berat dan mengkilap.

Jenis Satin Jacquard (faconne satin)

Jenis ini banyak digunakan untuk jilbab. Tapi juga digunakan untuk dress. Mungkin anda berpikir kalau motif kain satin terlihat jelek, tapi berbeda dengan satin jacquar dini.Motifnya malah membuat kain semakin mewah dan elegan. Cocok untuk dress bahkan untuk kebaya. Motifnya ada yang paisley,garis, bunga dan lainnya. Karakteristiknya kain lebih lembut, untuk kualitasnya beragam, sesuai dengan harganya. Harga kain ini ada yang Rp 25.000 sampai Rp100.000. Tergantung kualitasnya.Kain satin Polos

Jenis Satin Velvet

Kain Satin velvet terbuat dari bahan polyster. Teksturnya tak begitu mengkilap dibandingkan jenis lainnya. Terlihat lembut dan jatuh. Kainnya pun halus dan tebal. Kalau digunakan pun tidak panas. Oleh karena itu sering digunakan untuk dress,rok, atau jilbab. Untuk harganya pun bervariasi. Rata-rata sekitar Rp 45.000 an. Pilihan warnanya sangat banyak. Inilah alasan kenapa banyak yang memakai untuk bahan jilbab.

Jenis Kain Silk

Kain satin silk juga sering digunakan untuk membuat jilbab segiempat danpasmina. Teksturnya tak begitu jauhdengan satin velvet. Lembut dan adem ketika digunakan. Teksturnya pun tak begitu mengkilap agak dove. Sehingga lebih mudah dikenakan sebagai jilbab. Tidak mudah kusut dan mudah dibentuk. Tapi untuk ketebalannya memang lebih tipis dibandingkan satin velvet. Harganya pun lebih murah. Bahkan ada yang permeternya Rp 20.000 an.

Jenis Satin Roberto Cavalli

Satin roberto cavallimerupakan jenis satin yang banyak digunakan untuk membuat baju tidur. Terkadang juga digunakan membuat gaun pesta dan gamis. Harga jualnya pun sangat mahal. Halus digunakan dan jatuh. Selain itu tidak panas. Membuat tidur pun semakin nyaman. Bahkan mampu menyerap keringat, sehingga cocok untuk negara tropis. Untuk harganya bervariasi. Dari Rp 50.000 sampai Rp 200.000

Jenis Satin Kahatex

Untuk jenis ini banyak digunakan dalam membuat furniture. Seperti hiasan ruangan, kursi dan lainnya. Karakteristiknya licik, mengkilap, tebal dan kaku. Tidak bagus digunakan untuk membuat baju, karena panas. Harganya mulai dari Rp 30.000

Masih banyak jenis kain satin murah lainnya. Bahkan saat ini ada yang permeternya RP 20.000 saja. Tapi untuk kualitas tertentuannya berbeda. Semakin mahal semakin bagus pula kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *