Kain Perca Dan Berbagai Macam Kreasi Kerajinannya

Kerajinan tangan merupakan salah satu aktivitas karya seni yang memberikan peluang kita berimajinasi dalam seni rupa. Seni rupa dalam kreasi ini bisa 3 dimensi ataupun 2 dimensi. Berkaitan dengan kreasi kerajinan tangan, maka kita tentu tidak bisa melepaskan diri begitu saja dengan bahan perca. Bahan perca ini sendiri merupakan kain yang didapatkan dari sisa guntingan kain besar pada proses pembuatan pakaian, kerajinan, dan berbagai macam produk tekstil lainnya. Karena bahannya merupakan perca, maka jenis kain yang digunakannya pun cukup bervariasi. Berbagai jenis kain mulai dari wool, luca, chiffon,kain sutra, dan lain sebagainya asalnya itu sisa maka bisa digunakan sebagai kreasi dalam kerajinan.

Cara membuat kain perca menjadi kerajinan

Dalam pembuatan bahan perca ini menjadi salah satu kerajinan yang cukup menarik, maka setidaknya ada beberapa teknik yang wajib anda ketahui. Teknik-teknik tersebut sangat membantu kita untuk membuat salah satu kerajinan. Oleh karena itu, sebelum masuk ke tata cara membuat kerajinan kain perca, ada baiknya kita mengetahui bagaimana teknik dalam kerajinan menggunakan bahan perca. Berikut ini adalah teknik-teknik yang wajib anda ketahui.

  1. teknik Patchwok

Teknik ini dilakukan dengan menjahit kain perca sesuai potongannya sehingga penggunaan teknik ini perlu banyak belajar menjahit secara lurus. Secara umum, cara ini juga dilakukan dengan menyambung kain potongan perca dengan jahitan sehingga nantinya akan membentuk motif tertentu. Beberapa lembar gabungan perca ini nantinya diproses lagi untuk menghasilkan kerajinan tangan.Kain Perca Adalah

  1. Teknik Applique

Teknik ini memiliki perbedaan dengan teknik pertama karena pada teknik ini proses pembuatan motif ditempelkan pada kain utuh. Bahan perca disini digunakan sebagai penghias kain sehingga teknik ini sering digunakan sebagai penghias beberapa barang bahan dasar kain.

  1. Teknik Quilting

Teknik ini memiliki prinsip untuk menambah busa atau sejenisnya pada kain perca yang sudah dijahit. Teknik ini akan menghasilkan sebuah benda yang memiliki masa tebal serta berbentuk tiga dimensi. Teknik ini biasa digunakan sebagai teknik karya seni tiga dimensi.

Ketiga teknik diatas bisa diterapkan secara langsung untuk menghasilkan kerajinan tertentu.Untuk lebih keren dan menarik, anda juga bisa menempel Kain perca batik sebagai penghias dalam suatu kreasi anda.

Macam-macam kerajinan kain perca

Ada banyak kreasi yang bisa dibuat dari bahan perca sebagai berikut.

  1. Hiasan dinding kain perca

Hiasan dinding dari kain perca cukup menarik dan bisa membuat tampilan dinding semakin menarik. Hiasan ini bisa digantung dengan figura atau tanpa figura sekalipun. Cara pembuatannya pun cukup mudah dan bahan-bahannya pun sangat murah dan tetap memiliki hasil kerajinan yang elegan.

  1. Dompet kain perca

Dompet ini sangat bagus karena memiliki ciri khusus dari perca itu sendiri. Bahan perca memberikan motif-motif yang unik sehingga anda akan mendapatkan keunikan dari dompet ini sendiri. Cara membuat dompet dari kain perca pun cukup mudah dan simpel karena anda bisa menggunakan teknik applieque ataupun kombinasi ketiganya untuk menghasilkan kreasi yang unik.

  1. Kreasi Bros dari Perca

Kreasi lainnya yang bisa anda lakukan pada bahan perca adalah pembuatan bros. Teknik ini bisa dilakukan dengan kombinasi kreasi kain perca dan pita hias sehingga bros tersebut akan terlihat lebih cantik. Bros-bros dari bahan perca akan membuat keanggunan bagi wanita yang berhijab.

Demikianlah beberapa kreasi dan teknik dalam kerajinan bahan perca. Dengan sedikit kreativitas dan imajinasi tinggi anda, maka bukan tidak mungkin jika anda akan menghasilkan sebuah kerajinan yang mengagumkan dengan bahan perca ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *