Berbagai Jenis-Jenis Kain Katun Dan Ciri-Cirinya

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kain jenis katun. Kain katun paling sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan berbagai macam pakaian. Terutama pakaian yang digunakan sehari-hari. Kain jenis ini terkenal dengan karakter dingin alias tidak gerah di badan. Dengan kata lain daya serap kain ini cukup baik sehingga nyaman dikenakan.

Kain cutton adalah nama lain dari kain ini. Bahan dasar untuk pembuatan kain diperoleh dari serat alami tumbuhan yaitu pohon randu atau pohon kapas. Pohon tersebut memang mempunyai peranan penting sebagai bahan baku dalam industri tekstil. Bahkan serat buatan alias serat sintetis tidak mampu menggantikan serat alami dari pohon tersebut.

Ciri-ciri Umum Kain Katun

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahan katun lebih sering digunakan untuk jenis-jenis pakaian sehari-hari seperti kaos, celana, atau gamis. Di bawah ini ciri-ciri umum dari bahan katun.

1)    Mempunyai sifat kuat dan awet (tahan lama).

2)    Cocok untuk dipakai di segala cuaca.

3)    Tekstur bahannya halus dan lembut.

4)    Nyaman di badan.

5)    Perawatannya relatif mudah.Kain Katun harganya

Jenis-jenis Kain Katun Yang Perlu Diketahui

Katun mempunyai sifat bahan yang sejuk saat digunakan di cuaca panas. Tetapi di sisi lain juga bisa menghangatkan di cuaca yang dingin. Kedua sifat tersebut adalah dua sifat yang menjadikan sebuah pakaian nyaman dikenakan. Katun sendiri dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis katun yang perlu kita ketahui.

Katun Biasa

Jenis katun yang pertama ini paling mudah diperoleh hampir di semua toko kain. Harga dan kualitasnya termasuk rendah jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Dari segi daya serap keringat, kemampuannya bisa dikatakan sedang sampai bagus. Hal tersebut tergantung pada persentase bahan katunnya. Biasanya katun biasa mempunyai banyak motif mulai dari polos, garis, kotak-kotak, termasuk bunga-bunga.

Katun Jepang

Dari segi kualitas, kain katun jepang lebih baik jika dibandingkan katun biasa. Maka harganya pun relatif lebih mahal. Dewasa ini, kain ini banyak digunakan untuk pembuatan gamis. Sama seperti katun jenis lainnya, katun jepang mempunyai tekstur lembut dan nyaman saat dikenakan. Ciri lain dari katun jepang umumnya hadir dalam banyak pilihan warna dan motif.

Katun Rayon

Kain katun rayon merupakan perpaduan antara serat alami dari pohon kapas dengan serat rayon yang merupakan serat sintetis. Ciri katun rayon adalah bahannya jatuh, ringan, dan teksturnya licin. Selain itu lebih lembut dibanding kain yang bahannya 100% katun. Namun sayangnya kain jenis ini mudah sekali kusut.

Katun Combed

Katun combed adalah jenis katun yang bagus untuk digunakan sebagai bahan pembuatan kaos. Sesuai dengan namanya, kain ini dibuat melalui proses combing atau atau disisir. Untuk membuat benangnya hanya dipilih serat-serat yang panjang. Karena itu karakter kainnya halus, lembut, dan mempunyai daya serap keringat yang sangat baik. Katun combed dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan ketebalannya, yaitu: combed 24s (tebal), combed 30s (sedang), combed 40s (tipis).

Katun Silk

Katun silk disebut juga dengan kain sutera. Karena pembuatannya dilakukan dengan cara menggabungkan serat cutton atau kapas dengan serat sutera atau silk. Keduanya merupakan serat alami dari pohon kapas dan dari kepompong ulat sutera. Tekstur dari kain ini adalah lembut, halus, licin, dan ringan.

Beberapa jenis katun di atas umumnya bisa dengan mudah ditemukan di setiap toko kain. Karena jenis katun memang populer dan mempunyai banyak kelebihan seperti yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *