Perpaduan Motif Cantik Dari Kain Embos Dan Batik

Saat ini kain batik embos sedang banyak diminati masyarakat. Karakter bahan embos yang mempunyai efek timbul membuat perpaduan antara batik dan embos menjadi sangat unik dan menarik untuk dikenakan.

Jika kita belum pernah mengetahui secara langsung bentuk kain embos, pasti kita akan bertanya terlebih dahulu apakah kain embos panas atau tidak. Perlu diketahui, embos dibuat dari kain katun prima yang agak keras, dan ada juga yang dibuat dari katun primis yang sedikit lebih lemas. Sehingga bisa disimpulkan kain embos tidak panas alias nyaman digunakan.

Lebih Mengenal Kain Batik Embos

Kain batik embos berasal dari daerah Jawa Tengah. Daerah yang terkenal sebagai penghasil batik embos adalah kota Pekalongan, Solo, Surakarta, dan tak ketinggalan Yogyakarta. Motif dari batik embos terinspirasi dari ragam kreasi kain batik tradisional klasik. Motif-motif tradisional tersebut antara lain, bentuk hewan kupu-kupu, capung, serangga, flora fauna, dan pemandangan. Ragam motif batik embos dikembangkan menjadi corak modern kontemporer.

Meskipun berasal dari Jawa Tengah, saat ini batik embos telah dikenal dan digemari seluruh masyarakat mulai dari kota Jakarta, Cirebon, Surabaya, hingga kota-kota lainnya di Indonesia. Mencari kain batik embos saat ini pun tidak sulit. Karena batik embos telah dipasarkan secara luas.Kain Embos Indonesia

Ciri Khas dari Motif Batik Embos

Teknik embos merupakan jenis teknik yang menambahkan hiasan pada kain. Selain pada kain, teknik embos sebenarnya juga diterapkan pada beberapa hal lainnya seperti pada souvenir dan kertas undangan pernikahan. Tekstur timbul khas embos nampak elegan dan membentuk semacam mozaik yang indah.

Proses pembuatan batik embos dimulai dari kain embos putihan yang kemudian diwarnai dengan menggunakan teknik cap. Setelah melalui proses perwarnaan inilah akhirnya tercipta kain embos yang cantik dan elegan dengan aneka warna menarik.

Motif batik embos yang paling disukai konsumen antara lain, motif daun, motif abstrak, dan juga motif mega mendung. Berikut ini beberapa ciri khas dari motif batik embos yang membedakannya dengan motif batik lain.

–      Tampilan kainnya mempunyai ukiran motif timbul.

–      Permukaannya lebih terasa kasar karena efek motif timbul yang dimilikinya.

–      Pada umumnya, batik embos mempunyai banyak motif cantik.

–      Tersedia dalam aneka warna cerah seperti merah, hijau, biru, kuning, ungu, dan masih banyak lagi.

–      Cocok untuk dipakai sebagai atasan.

–      Relatif lebih mudah kusut terutama jika bahannya terbuat dari katun prima.

–      Batik embos tidak akan mudah luntur saat proses pencucian.

Inspirasi Penggunaan Kain Embos

Kain embos yang digunakan sebagai bahan pembuatan batik bisa diterapkan menggunakan teknik apa saja. Baik teknik tulis yang merupakan teknik tradisional, teknik cap, maupun teknik printing atau sablon.

Selain digunakan untuk membatik, embos polos juga sudah cantik untuk dikenakan langsung dan dikombinasikan dengan dengan berbagai jenis pakaian lainnya. Harga kain embos juga tidak mahal, sehingga semakin diburu konsumen.

Batik terkenal asal Solo dan Pekalongan juga kerap menggunakan kain embos atau sekedar memadukannya dengan embos polos. Bahkan kain batik embos sebenarnya merupakan kreatifitas dari para pemuda Pekalongan untuk membuat modifikasi kain batik asal daerah tersebut lebih bervariasi.

Demikianlah informasi mengenai kain batik embos yang saat ini sedang digemari. Perlu diketahui, kain batik embos tidak hanya cocok digunakan sebagai pakaian saja. Kain batik embos juga kerap digunakan ornamen hias untuk sprei, sarung bantal guling, taplak meja, kerajinan tangan, bahkan sarung printing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *