Motif-Motif Menarik Dari Kain Batik Pekalongan

Siapa yang tak kenal batik Pekalongan? Batik yang berasal dari salah satu kota di Jawa Tengah ini memang sudah terkenal luas dan banyak dicari orang. Salah satu batik modern Pekalongan yang banyak diminati saat ini adalah perpaduan kain batik pekalongan dan embos.

Batik Pekalongan disebut juga batik pesisir. Hal tersebut dikarenakan pengrajin dari batik ini umumnya merupakan masyarakat yang tinggal di daerah pesisir sebelah utara Pulau Jawa. Ciri khas dari batik ini adalah dari segi pewarnaannya yang relatif lebih cerah serta atraktif.

5 Macam Motif Batik Pekalongan

Batik Pekalongan mempunyai ciri motif yang khas. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini beberapa motif dari kain batik Pekalongan terbaru 2017 yang banyak diminati.batik pekalongan Jlamprang

  1. Motif Jlamprang

Motif titik-titik yang membentuk geometris dan berwarna cerah merupakan ciri khas dari batik Pekalongan yang bisa dengan mudah dikenali. Motif jlamprang ini sangat dipengaruhi oleh budaya Islam dan merupakan motif asli Pekalongan. Tak ada gambar makhluk hidup di dalam motif sesuai dengan ketentuan Islam.batik pekalongan liong

  1. Motif Liong

Motif liong menggambarkan budaya Tiongkok dimana dalam batik terdapat gambar naga dan juga burung phoenix. Kedua hewan tersebut melambangkan simbol dari kesuburan, kebaikan, dan kemakmuran. Sesuai dengan makna motifnya, diharapkan batik ini akan memberikan pengaruh dari makna tersebut kepada yang mengenakannya.batik pekalongan isen

  1. Motif Isen

Isen diambil dari bahasa jawa yang artinya pengisian. Nama tersebut sesuai dengan teknik yang digunakan dalam membatik yaitu dengan cara isen-isen atau diisi. Isinya bisa berupa garis atau titik-titik.batik pekalongan Semen

  1. Motif Semen

Motif semen mempunyai banyak nama yang semuanya diambil dari Ramawijaya. Nama-nama tersebut antara lain,

Suryabrata : terdapat motif matahari di dalam batiknya.

Bayubrata : terdapat motif angin di dalam batiknya.

Agnibrata : terdapat motif api di dalam batiknya.

Selain tiga nama tersebut, masih ada banyak nama dari motif semen yang lainnya. Jika digambarkan secara umum, motif semen membentuk sebuah daratan dengan berbagai jenis makhluk hidup di dalamnya seperti hewan maupun tumbuhan.batik pekalongan Sawat

  1. Motif Sawat

Pada motif batik sawat tergambar ilustrasi senjata dewa Batara Indra. Senjata tersebut berupa kilat serta menyerupai seekor ular yang bertaring tajam. Makna yang tersimpan dibalik motif tersebut adalah batik ini diharapkan bisa menjadi pelindung bagi yang mengenakannya.

Teknik yang Digunakan dalam Membatik

Membahas mengenai batik, tak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui teknik apa saja yang digunakan dalam membatik. Harga kain batik Pekalongan tentunya juga dipengaruhi oleh teknik pembuatannya. Termasuk batik-batik dari daerah lain. Berikut ini beberapa teknik yang digunakan dalam membatik.

Batik Tulis

Teknik tulis pada batik merupakan teknik paling tradisional yang pertama kali ada di Indonesia. Untuk pengerjaan batik menggunakan teknik tulis umumnya memakan waktu yang lebih lama dibanding dengan teknik lainnya. Tak heran jika harganya pun relatif lebih mahal. Pembatik membutuhkan canting, lilin cair, serta tungku pemanas untuk proses pembuatan batik tulis.

Batik Cap

Pada teknik batik cap, peralatan yang dibutuhkan adalah kain polos, lilin cair, alat cap, serta pemanas. Pengerjaannya lebih cepat dibanding batik tulis. Jenis kain yang sering digunakan untuk batik cap adalah kain sutera dan kain mori.

Batik Printing

Batik printing harga jualnya paling rendah dibanding dua teknik batik lainnya. Pengerjaannya paling cepat karena menggunakan sistem sablon. Untuk kain yang digunakan biasanya adalah kain jenis katun.

Jika anda mencari kain batik, yang perlu diperhatikan selain dari motif dan teknik pembuatannya adalah bahan kainnya. Untuk kain batik pekalongan meteran, harganya ditentukan oleh ketiga hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *