Kenali Jenis Kain Brokat Yang Bagus

Bahan brokat sering digunakan untuk membuat kebaya atau gaun pernikahan. Brokat akan membuat pakaian terlihat lebih mewah dan elegan. Oleh karena itu lebih sering digunakan untuk membuatgaun pesta. Ketika hari pernikahan, kita pasti ingin tampil cantik. Oleh karena itu harus memilih kain dengan sebaik mungkin. Jenis bahan brukat ini banyak sekali. Ada yang tipis dan tebal. Ada yang banyak motif dan sedikit motif. Supaya anda tidak bingung, kita akan membahas semuanya dibawah ini.

Berbagai Jenis Kain Brokat Yang Harus Diketahui

Banyak orang berpikirkalau brokat hanya ada satu jenis saja. Padahaljenisnya banyak sekali. Bisa dibedakan dari tekstur, motif, ketebalan dan lainnya. Supaya anda tidak bingung dan tidak ditipu oleh tukang kain. Lebih baik pahami jenis-jenis bahan brukat berikut ini:

Brokat Prancis

Brokat prancis atau dikenal dengan french lace, merupakan jenis brukat yang paling bagus dan paling mahal. Kualitasnya sangat bagus dibandingkan jenis brukat lainnya. Karakteristiknya bahan tidak panas, lembut, tidak terasa gatal dikulit, dan terlihat cantik untuk dibuat dress pengantin atau kebaya. Harga kain brokat tile ini cukup mahal. Mulai Rp 100 ribuan.kain brokat bunga timbul

Brokat Semi Prancis

Brokat ini bisa dibilang sebagai kwnya brokat pranci. Memiliki karakteristik yang mirip dengan brokat prancis, tapi lebih kaku dan tidak sehalus brokat prancis. Dariharganya pun lebih murah. Tapi banyak orang yang lebih memilih memakai jenis ini, karena lebih kaku dan mudah diatur untuk tambahan baju pengantin.

Brokat Jepang

Memiliki tekstur yang lebih lembut. Terlihat lebih sintetis, selain itu memiliki motif yang beragam. Untuk harga kain brokat per meter 2018 jenis jepang ini cukup murah. Bahkan ada yang Rp 50.000 per meternya. Tapi untuk kualitasnya sedang. Cukup bagus tapi juga tidak jelek sekali. Cocok dibuat kebaya. Karena terlihat lebih simple tapi elegan.

Brokat Prada

Jenis kain brokat prada ini banyak diminati oleh semua wanita. Bahkan banyak desainer yang membuat produknya dengan memakai jenis kain ini. Dibuat model apapun akan terlihat cantik. Entah itu gaun pengantin, kebaya atau gaun pesta lainnya. Memiliki motif timbul, halus dan tidak panas. Jika dibuat menjadi kebaya, motifnya harus pas. Sehingga menjadi model kebaya yang bagus. Untuk harganya tergantung dengan tingkat kehalusan dari kainnya. Mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 200.000

Brokat Italy

Brokat ini terlihat mewah dan glamor. Karena memiliki karakteristik sudah dipayet atau dibordir. Bahkan ada jenis kain brokat timbul. Jadi sekilas mirip dengan prada, tapi terlihat lebih mewah. Banyak digunakan untuk gaun pesta dan pernikahan. Karena memang kesan mewah terlihat di jenis kain ini. Untuk harganya sesuai dengan kerumitan payet dan motifnya.

Brokat Biasa

Brokat biasa tentunya jenis brokat yang paling murah. Banyak ditemukan di toko kain. Harganya pun ada yang Rp 20.000 per meternya. Untuk kualitas tentunya biasa saja. Kainnya pun tak begituhalus dan panas digunakan. Jadi harus ditambah kain tambahan dibagian dalamnya. Tapi kalau anda memilih motif dengan benar, hasilnya pasti bagus.

Masih banyak jenis kain brokat yang bagus. Ketika memilih kain ini, sesuaikan dengan model baju yang akan anda buat. Karena setiap brukat memiliki motif yang berbeda-beda. Ada yang bagus dibuat kebaya, gaun pengantin, cardigandan lainnya. Selain itu lihat juga kualitas bahannya. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *