Kain Batik Terbaik Dengan Motif Unik

Batik merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia yang wajib kita jaga kelestariannya. Kain ini sangat unik karena memiliki berbagai macam motif yang akan memberikan tampilan elegan bagi siapapun yang memakainya. Setiap daerah di Indonesia pada umumnya memiliki ciri dan corak tersendiri mengenai batik. Walaupun begitu, batik yang cukup terkenal di Indonesia berasal dari Jogja, Solo, dan Pekalongan. Jika kita berbicara mengenai batik maka ketiga kota tersebut akan melekat dengan batik. Namun, walaupun begitu, ternyata batik tersebar di Indonesia dan motifnya memiliki keunikan dan mencerminkan masyarakat diwiliayah tertentu.

Seiring berkembangnya zaman, batik juga semakin berkembang. Terlebih dalam cara pembuatannya. Dilihat dari cara pembuatannya saja kain ini bisa dibagi tiga yaitu batik tulis, batik cap, dan batik printing. Jenis ini akan mempengaruhi harga batik itu sendiri. Harga batik yang paling mahal ada pada batik tulis karena prosesnya yang cukup lama dan hasilnya juga lebih unik dan menarik. Sedangkan pada kain batik modern, kita bisa melihatnya pada batik printing dimana corak batiknya bisa kita lihat dari teknologi pencetakan batik.

Berbagai macam motif batik terbaik dengan harga menarik

Jawa memang merupakan pusatnya batik karena dari sinilah berbagai macam batik bisa kita jumpai. Beragam motif pun bisa kita dapatkan dengan sangat mudah. Banyaknya motif ini membuat para penikmat batik kebingungang untuk mendapatkan dan mengetahui jenis motif batik. Oleh karena itu, untuk pengetahuan sebelum mendapatkan batik terbaik, berikut ini beberapa jenis batik berdasarkan motifnya.kain batik bunga bagus

  1. Motif Batik Keraton

Motif ini pada dasarnya awal pembuatannya dibuat oleh para putri dan para pengrajin yang berada di kawasan keraton. Batik ini sering disebut juga kain batik jogja karena memiliki ciri khas tersendiri dalam pembuatannya di keraton Jogja. Batik ini juga dianggap sacral sehingga tidak sembarang orang bisa mengenakannya karena keagungan motifnya. Contoh batik keraton ini adalah parang barong, parak rusak, dan udan liris.

  1. Batik Sudagaran

Selain batik keraton, batik lainnya yang bisa kita jumpai adalah batik sudagaran. Batik ini merupakan bentuk variasi dari batik keraton. Terdapat aksen-aksen baru yang ada pada batik ini sehingga terlihat tidak kalah indahnya dengan motif batik keraton.

  1. Batik Cuwiri

Batik ini cukup unik dan menarik karena terbuat dari pewarna alami kulit tumbuh-tumbuhan dimana biasa disebut sebagai soga alam. Kata cuwiri ini sendiri berarti kecil-kecil karena menggambarkan motifnya yang memang berukuran keicl-kecil dan detail.Batik ini juga bisa kita temukan sebagai salah satu kain batik bali dimana penggunaan motif ini sering digunakan sebagai kemben.

  1. Motif batik semen rama

Kisah Ramayana sangat erat kaitannya dengan motif pada batik ini. Beberapa ornament berupa air, ular, katak, binatang berkaki empat, dan lain sebagainya menjadi ciri khas dari batik semen rama. Pemilihan motif pada batik ini juga sangat erat kaitannya dengan ajaran triloka dimana ajaran tersebut mengajarkan 3 dunia yaitu dunia para dewa dan orang suci, dunia kehidupan manusia, dan dunia tempat para pendosa yang penuh kemurkaan.

Demikianlah beberapa jenis batik yang bisa anda dapatkan sebagai referensi. Setiap motif batik memang mengandung arti tertentu. Motif-motif menarik tersebut tentunya akan lebih bagus jika anda dan pasangan yang mengenakannya. Kain batik sarimbit bisa anda dapatkan dimana anda bisa memesan salah satu motif batik kesukaan anda dan dipakai bersama pasangan anda. Tentu anda akan terlihat lebih serasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *