Jenis Kain Songket Indonesia Beserta Maknanya

Kain khas indonesia tidak hanya kain batik saja, tetapi jugasongket. Songket sendiri berasal dari kata sungkit yang artinya mengait atau mencungkil. Istilah ini berasal dari bahasa melayu indonesia. Hal ini dikarenakan songket dibuat dengan cara diselipkanatau dikaitkan. Yang paling popular tentunya songket palembang.Karena identik dengan warna emas dan sering digunakan ketika acara adat tertentu.

Sejarah Kain Songket Palembang

Mungkin banyak orang yang tidak paham tentang sejarah songket di indonesia. Zaman dulu songket hanya boleh ditenun oleh seorang gadis remaja. Tapi kini hampir semua orang diizinkan untuk menenun. Termasuk pria. Songket ini mencerminkanmasa kejayaan atau keemasan kerajaan sriwijaya. Pada waktu itu kerajaan sriwijaya sedang makmur, terutama di bidang perdagangannya.

Dibandingkan dengan yang lainnya, songket palembang memang lebih istimewa dan berkualitas. Bahkan mendapat julukan ratu dari segala kain. Dengan dominan warna emas yang mewah. Proses pembuatannya pun lama. Sampai 3 bulan lebih. Inilah yang membuatharganya semakin mahal. Motif kain songket dan daerahnya memang berbeda-beda. Motifnya pun memiliki arti yang berbeda.

Jenis Kain SongketPaling Popular

Jenis songket banyak sekali. Bahkan tak hanya songket palembang saja. Jenis ini dibedakan berdasarkan motif dari songket tersebut. Hampir mirip dengan batik.Motif songket dan maknanya,harus anda pahami. Karena memiliki arti yang berbeda. Inilah yang membuat indonesia kaya. Karena setiap hal pasti ada artinya tersendiri.Berikut ini penjelasannya.

Songket Lepus

Lepus artinya menutupi. Songket ini memakai benang emas, yang menutupi seluruhkain. Membuat harga kain songketnya sangat mahal. Songket lepus,juga dikenaldengan nama lainnya. Seperti lepus berantai, lepus lintang dan lain sebagainyaKain Songket Indonesia

Songket Tawur

Tawur memiliki arti bertaburan. Sehingga motifnya benang emasny, tidak menutupi semua permukaan kain.Dibuat seperti menyebar dan berkelompok. Proses pembuatannya pun tidak memakai teknik benang disispkan dari pinggir ke pinggir. Jenisnya pun ada tawur nampan perak, tawur lintang, tawur tampak nangis dan lainnya.

Songket Tretes

Jenis kain songket selanjutnya adalah songket tretes. Jenis ini tidak mempunyai motif atau pola dibagian tengahnya. Misalnya untuk jenis songket tretes mender, hanya ada motif dibagian pinggir kain dan ujungnya saja. Untuk bagian lainnya dibiarkan polos begitu saja.

Songket Bungo Pacik

Untuk jenis songket bungo pacik ini, motifnya terbuat dari benang kapas putih. Sehingga motifbenang emasnya tak begitu banyak, hanyaada dibeberapa sisi bagian saja.

Songket Limar

Kain songket palembang dan keterangannya harus anda pahami sebaik mungkin. Kain limar ini dibuat dengan cara berbeda. Proses tenunnya, memakai corak ikan pakan. Terbuat dari benang lungsi atau benang pakan. Kemudian diikat dan dicelupkan ke pewarna pada bagian tertentu. Jenis ini esering digunakan untuk kain sarung pria.

Masih banyak motif kain songket dan daerahnya yang harus anda ketahui. Ada songket bungo manggis, songket pucuk rebus,. Bunga melati songket dan lainnya.Setiap motif seperti memiliki makna yang berbeda. Kita harus menjaga kain tersebut dengan sebaik mungkin. Mengenalkannya ke negara lain. Saat ini songket masih banyak digunakan oleh orang indonesia. Bahkan sudah sampai ke luar negeri. Banyak desainer ternama indonesia, yang memanfaatkan kain ini, untukkoleksi fashionnya. Seperti dian pelangi, yang selalu berinovasi dengan songket. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *